02 Nov 2018

2018, Tahun Konstruksi Indonesia

Jakarta – Ketua LPJK Nasional, Ruslan Rivai mengharapkan agar pada tahun 2019 nanti pameran konstruksi Indonesia menjadi hajat seluruh stakeholder masyarakat jasa konstruksi. Pameran kontruksi yang digelar selama 3 hari berturut-turut di JIExpo Kemayoran, 31 Oktober – 2 November 2018, menurut Ruslan menangguk sukses besar.

“Pameran konstruksi Indonesia 2018 ini saya anggap sukses. Mulai dari sertifikasi, workshop dan seminar yang pesertanya mencapai 3 ribuan, sampai dengan lomba foto online yang pesertanya sampai ratusan tiap hari, ini sungguh capaian luar biasa dibandingkan tahun lalu,” ujar Ruslan saat menutup Pameran Konstruksi Indonesia di booth LPJK, Jum’at, (2/11/2018).

Ruslan mengaku bangga dengan penyelenggaraan pameran konstruksi yang merupakan kerja sama antara LPJK dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini. Peserta asing yang ia temui di beberapa booth pameran mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan sangat baik di bidang konstruksi.

“Para peserta asing, termasuk ada juga pengunjungnya tukar informasi dengan kita. Sehingga ilmu baru yang diperoleh ini bisa kita terapkan untuk konstruksi dalam negeri,” papar Ruslan.

Untuk penyelenggaraan pameran konstruksi Indonesia tahun 2019 nanti, secara khusus Ruslan menghimbau agar dilaksanakan dengan ide-ide segar lainnya.

“Sekarang ini ada seminar, workshop, lomba foto sampai games di tiap-tiap booth peserta. Saya harapkan agar tahun depan LPJK dan PUPR jauh lebih kreatif lagi. Karena target peserta yang datang di tahun ini melebihi pameran tahun 2017 lalu,” ujar Ruslan.

Di penghujung acara penutupan pameran, dilakukan pengumuman lomba foto online yang diikuti ratusan peserta dari hari pertama sampai hari terakhir. Di hari terakhir ini, tema yang diangkat adalah tentang foto-foto human relations.

Selain pengumuman pemenang lomba foto, dalam acara penutupan ini juga diberikan award kepada exhibitor selama pameran berlangsung. PT PP (Persero) yang mengusung tema modern dan futuristik dengan menampilkan produk lini bisnisnya berhasil meraih Best Booth Design.

Adapun kategori award lain yang diberikan saat penutupan event Konstruksi Indonesia, antara lain Best International Participant dimenangkan oleh  JCB, Best Innovation dimenangkan Trimble, dan Best Product dimenangkan oleh PT Pindad (Persero).

Penghargaan Best Booth Design yang dimenang PT PP diserahkan oleh Direktur Tarsus kepada Marketing Communication PTPP Andi Bagus Ruhendra. Adapun seluruh penilaian di setiap kategori ini dilakukan oleh tim Kementerian PU dan Tarsus sebagai panitia penyelenggara.