Buka Pekan SDM Ahli Jasa Konstruksi, Darmin Dukung Program Sertifikasi

21 Maret 2019


Menteri-Darmin-Dukung-Sertifikasi-LPJK-Nasional-01

Serpong, LPJK.net – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berbicara mengenai program sertifikasi ahli di bidang konstruksi di Indonesia. Ia mengungkapkan, program sertifikasi yang saat ini gencar dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan LPJK Nasional sudah sangat tepat.

“Pekerjaan rumah Kementerian PUPR dengan LPJK Nasional masih sangat banyak. Ditilik dari data LPJK Nasional, tahun 2018 lalu ada sebanyak 195.312 yang bersertifikat SKA. Artinya, masih sekitar 1,4 juta tenaga ahli konstruksi yang perlu disertifikasi,” papar Darmin saat membuka IndoBuildTech Expo 2019, hari ini, (21/3/2019) di ICE BSD, Serpong, Tangeran Selatan.

Menurut data BPS, Darmin menyebutkan bahwa jumlah tenaga kerja konstruksi di Indonesia adalah 8,3 juta orang. Dari jumlah tersebut, hanya 20 persen atau 1,6 juta orang yang tergolong tenaga ahli konstruksi.

Sementara itu Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Syarif Burhanuddin yang turut memberikan sambutan mengungkapkan bahwa pihaknya bersama LPJK Nasional terus meningkatkan program percepatan sertifikasi di tanah air.

“Bersama LPJK Nasional, Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Konstruksi telah sepakat pada target 512 ribu tenaga kerja konstruksi atau 10 kali lipat dari tahun 2018,” papar Syarif.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Ketua LPJK Nasional Ruslan Rivai mengungkapkan bahwa LPJK akan berkomitmen memenuhi target yang telah ditentukan pemerintah.

“Target 512 ribu, jika dihitung dari tahun 2018 lalu, jumlah ini adalah meningkat sepuluh kali lipat. Jumlah ini juga instruksi Presiden Joko Widodo saat gelaran Konstruksi Indonesia 2018 lalu,” ungkap Ruslan.

Turut hadir dalam pembukaan IndoBuildTech hari ini adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Dirjen Bina Marga Sugiartanto, Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi, Kepala BPSDM Lolly Marlina, dan Kepala BPJT Danang Parikesit.


Related News: