Kaltim nyatakan siap jadi Ibu Kota Negara

28 Juli 2019



Samarinda, LPJK.net – Rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia ke luar pulau jawa semakin matang. Bahkan dari rencana kerja Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), prosesnya akan dilaksanakan tahun 2020.

Dimulai dari pembangunan infrastruktur. Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi atau LPJK Kalimantan timur sudah menyiapkan berbagai hal untuk menunjang proses pemindahan ibu kota Indonesia tersebut.

Heru Cahyono, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Kalimantan Timur, selaku penggagas seminar nasional ini memaparkan, tujuan utama digelarnya agenda ini tidak lain merupakan bentuk kesiapan warga jasa konstruksi di Kaltim, menghadapi tantangan baru pemindahan ibu kota negara. Sehingga nantinya, warga jasa konstruksi di Kaltim tidak hanya jadi penonton, tapi ikut andil dalam pembuatan sejumlah infrastruktur penunjang.

Disampaikan oleh Ketua LPJK Kalimantan Timur ini mengungkapkan, kendati belum ada keputusan resmi daerah mana yang dipilih, pihaknya telah menyusun persiapan Ibu Kota Baru, dari kesiapan tenaga kerja dan kontraktornya, untuk pemindahan ibu kota, pihaknya berencana mempersiapkan 6.000 badan usaha (kontraktor).

Sementara itu jumlah tenaga kerja yang disiapkan adalah sebanyak 12.000 tenaga konstruksi. Jumlah tersebut merupakan tenaga kerja yang sudah siap pakai karena sudah memiliki sertifikat tenaga konstruksi. 

 


Related News: