LPJK Dorong Perguruan Tinggi Cetak Lulusan Berkualitas

11 Desember 2018



LPJK.net – Pasar bebas di ASEAN saat ini memang menjadi ancaman serius lulusan sarjana teknik di tanah air. Apalagi saat ini pemerintah tengah giat membangun di sektor infrastruktur guna menunjang perekonomian negara.

Indonesia menjadi sasaran empuk bagi insinyur bersertifikat dari berbagai negara di ASEAN. Oleh karena itu, perguruan tinggi memiliki peran penting untuk mencetak lulusan yang benar-benar kompeten dan dapat bersaing secara lokal maupun global.

Diskusi ini mengemuka dalam Rapat Kelompok Unsur Perguruan Tinggi (RKU) yang digelar LPJK Nasional di Hotel Grandhika, Selasa, (11/12/2018).
Pengurus LPJK Nasional, Sjahrial Ong yang hadir dalam kesempatan ini mengungkapkan bahwa kampus harus aktif mengembangkan program pelatihan dan penelitian untuk mahasiswa dan para pelaku akademik.

“Perwakilan dari perguruan tinggi yang hadir hari ini saya harap bisa bertemu secara rutin dengan LPJK. Kita bisa diskusi rutin tentang gimana cara menghasilkan lulusan PT yang berkualitas,” papar Sjahrial.

Sementara itu, perwakilan dari Kelompok Unsur Pakar, Gunawan Tjahjono mengungkapkan bahwa masyarakat jasa konstruksi tidak hanya membutuhkan lulusan sarjana teknik atau sipil, namun kampus juga harus mampu mencetak ahli hukum, ahli arbitrase misalnya.

“Tidak hanya lulusan teknik atau sipil yang akan kita kejar, namun kita juga butuh lulusan sarjana yang memahami ekonomi pembangunan, termasuk seorang arbiter yang jago,” tutur Gunawan.

RKU yang digelar selama sehari penuh ini dihadiri oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sriwijaya, Universitas Andalas dan Universitas Hasanuddin. (hwp)


Related News: