07 Apr 2018

LPJK Nasional Ajak Mahasiswa Teknik Sipil Dukung Program Nawacita di Sektor Jasa Konstruksi

Direktur Eksekutif Badan Pelaksana LPJK Nasional, Aca Ditamihardja menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Teknik Sipil di Universitas Jayabaya, hari ini, Sabtu, (07/06). Seminar ini mengangkat tema ā€œMempersiapkan Regenerasi Tenaga Ahli yang Kompeten dan Bersertifikasi dalam rangka menghadapi Program Nawacita Percepatan Pembangunan Infrastrukturā€.

Selain LPJK Nasional hadir pula narasumber dari Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Direktorat Bina Jasa Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Ketua Asosiasi Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI).

Dalam paparannya, Aca menjelaskan bahwa untuk mendukung pelaksanaan UU No. 2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satunya yakni melalui mekanisme sertifikasi tenaga ahli.

Aca menambahkan, mahasiswa teknik sipil yang saat ini tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) juga harus mengikuti perkembangan informasi di sektor jasa konstruksi karena kelak para mahasiswa ini akan menjadi aktor pembangunan infrastruktur di tanah air.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Jayabaya, Erry Setya Romadhon menjelaskan bahwa terdapat tiga poin utama yang menjadi kata kunci dalam pengembangan SDM di sektor jasa konstruksi yakni kompetensi, sertifikasi, dan berdaya saing. (wul)

Leave a Reply