30 Jul 2018

LPJK Nasional Siaga Bencana

Tinggal di daerah rawan bencana memerlukan kesadaran, kesiapan dan kesiagaan. Perlu pengetahuan yang selanjutnya diwujudkan dalam tindakan cepat, tepat, dan terkoordinasi untuk menanggulanginya. Untuk itu, segenap pegawai LPJK Nasional perlu dibekali pengetahuan agar lebih siap dan siaga terhadap bencana alam.

LPJK Nasional menggelar pelatihan Siaga Bencana yang dipandu langsung oleh expert A2K4 Dominggus Manuputi, di Gedung Grha LPJK Nasional, Senin, (30/7/2018).

Di awal paparannya, Dominggus menuturkan bahwa kondisi dan kejadian bencana nyaris tidak bisa diubah. Oleh karena itu, yang harus diatasi adalah kerentanan manusia dalam menghadapi bencana. Dalam hal ini, peningkatan kapasitas dan kemampuan pegawai di lingkungan LPJK Nasional menjadi hal yang sangat potensial untuk dilakukan.

“Untuk LPJK bisa diawali dengan pasang tanda evakuasi, titik kumpul sampai penyediaan APAR. Karena saya lihat, belum ada di gedung ini,”tegas Dominggus.

Ditambahkan Dominggus, LPJK juga harus memperhatikan perihal kesehatan dan keselamatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH), manajemen risiko bencana, dan safety fire protection.

Selanjutnya, sebagai tindak lanjut dari pelatihan hari ini, Dominggus berharap agar LPJK juga mengadakan pelatihan lanjutan tentang penanganan bahaya gempa, kebakaran dan bencana lainnya.