Making Indonesia 4.0: Strategi LPJKN memasuki Revolusi Industri ke-4

19 Februari 2019



Jakarta, LPJK.net – Ketua LPJK Nasional, Ruslan Rivai mengungkapkan diperlukan tenaga-tenaga ahli konstruksi yang tangguh untuk menghadapi tantangan revolusi industri ke-4 (4.0). Hal ini terangkum dalam talkshow di sela-sela Pameran PUPR 4.0 Expo yang hari ini digelar di ruang serba guna lantai dasar Kementerian PUPR, Selasa, (19/2/2019).

“Sejalan dengan perkembangan industri 4.0 tersebut, LPJK Nasional mulai melakukan perubahan dalam proses bisnisnya, yakni penerapan sertifikat berbentuk dokumen elektronik,” ungkap Ruslan
Sertifikat berbentuk dokumen elektronik ini, menurut Ruslan, memiliki banyak keunggulan, khususnya pada sisi keamanan. “Dengan sertifikat berbentuk dokumen elektronik, kita tidak perlu khawatir lagi dengan pemalsuan-pemalsuan sertifikat yang dulu banyak terjadi di luar sana,” tegas Ruslan.

Saat ini LPJK Nasional akan menindak tegas pihak manapun yang mencoba melakukan pemalsuan sertifikat. Terakhir, dua pelaku phising website LPJK Nasional telah divonis 1 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Tanjung Karang Lampung.

Ruslan juga menambahkan, “Dengan prinsip Making Indonesia 4.0, saya yakin LPJK Nasional akan hadir mendukung pelaksanaan UU No. 2 Tahun 2017”. Pengembangan yang dilakukan LPJK saat ini untuk mendukung sistem terintegrasi yang sedang dibangun Kementerian PUPR.

Sementara itu Direktur Sistem Teknologi Informasi LPJK Nasional, Noverdian yang juga turut hadir sebagai narasumber dalam talkshow ini menuturkan bahwa ke depan, LPJK Nasional akan mengembangkan fitur-fitur baru terkait proses permohonan sertifikat badan usaha, keahlian maupun keterampilan.


Related News: