Padukan Pelatihan Berbasis Aplikasi, LPJK Nasional Gandeng Tukang.com

17 Maret 2019


kerja sama lpjk lpjkn tukangcom-01

Jakarta, LPJK.net – Untuk memberikan kemudahan bagi para tenaga terampil untuk meningkatkan kompetensi dan taraf hidup yang lebih baik, LPJK Nasional menandatangani nota kesepahaman dengan tukang.com, Minggu, (17/3/2019) di area komplek Gelora Bung Karno ketika Construction Fun Day 2019 berlangsung. Tukang.com adalah sebuah layanan aplikasi yang menghubungkan aplikator atau tukang dengan home owner atau pengguna jasa lainnya, membuka layanan jasa pengecatan.

Nota kesepahaman antara kedua belah pihak diteken langsung Ketua LPJK Nasional dan CEO tukang.com Aziz Hartanto, dengan disaksikan Sekretaris Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dewi Chomistriana.

Dalam sambutannya, Ruslan mengungkapkan bahwa kerja sama dengan tukang.com ini merupakan terobosan baru yang dirintis LPJKN.

“Kerja sama ini merupakan pertama kalinya dengan sebuah perusahaan layanan aplikasi. Jadi, di era serba digital seperti sekarang, kerja sama ini sangat tepat,” ungkap Ruslan.

Ruslan menambahkan bahwa nantinya ruang lingkup kerja sama dengan tukang.com ini akan fokus pada bidang pelatihan tenaga kerja konstruksi dan pelaksanaan sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi, termasuk penyedia peserta.

“Selanjutnya, dalam format kerja sama ini, LPJKN akan menyediakan instruktur/asesor pada tiap materi pelatihan yang diadakan bersama tukang.com,” tutur Ruslan.

Sementara itu, CEO tukang.com, Aziz Hartanto mengungkapkan bahwa kendala yang sering dihadapi profesi tukang adalah di sertifikasi.

“Masih banyak tukang-tukang di Indonesia ini memiliki cara pandang bahwa profesi ini dipandang sebelah mata. Sehingga minat ke arah sertifikasi begitu minim,” papar Aziz.

Oleh karena, menurut Aziz, cara pandang seperti inilah yang menurut Aziz, harus segera dirombak. “Mengubah cara pandang adalah sebuah proses. Oleh karena itu, kerja sama dengan LPJKN ini adalah langkah tepat untuk memberikan harapan baru bagi rekan-rekan tukang di tanah air,” pungkas Aziz.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Dewi Chomistriana yang turut menyaksikan penandatanganan MoU, menuturkan bahwa format sertifikasi dalam gelaran Construction Fun Day ini patut dijadikan contoh di kemudian hari.

“CFD beserta MoU ini memberikan gambaran baru bagi Kementerian PUPR dan LPJK dalam menggelar sertifikasi. Pelajarannya adalah, sertifikasi bisa dipadu secara luwes dengan kegiatan-kegiatan fun seperti hari ini,” ungkap Dewi.

Terkait MoU, Dewi menambahkan bahwa bekerja sama dengan marketplace seperti tukang.com ini memberikan banyak manfaat, karena bisa merangkul banyak pihak, mulai dari brand material, vendor, mitra, finance, hingga financial project.


Related News: