01 Nov 2018

Ribuan Mahasiswa ikuti Workshop Konstruksi LPJK

Jakarta – Sejak Pameran Konstruksi 2018 dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, ribuan mahasiswa, praktisi dan stakeholder LPJK meramaikan workshop dan seminar di JIExpo Kemayoran, Kamis, (1/11/2018).

Rizal Tamin, Guru Besar Manajemen dan Rekayasa Konstruksi Institut Teknologi Bandung (ITB), yang hari ini menjadi pemateri di mini booth LPJK mengungkapkan bahwa diskusi santai ini sangat bermanfaat.

Pasalnya, konsep diskusi yang selama ini diadakan di dalam ruangan kurang bisa menarik minat peserta untuk interaktif dengan narasumber maupun peserta lain.
“Konstruksi itu identik dengan yang kaku. Konsep mini booth dipadu diskusi semacam ini saya rasa pas. Peserta bisa ngopi dan diskusi. Saya rasa ini terobosan baru yang patut dilanjutkan,” papar Rizal.

Dalam paparannya, Rizal memaparkan tentang peran pemerintah sebagai subjek penting dalam penyediaan infrastruktur. Menurutnya, walau swasta memiliki peran penting dalam menunjang pembangunan infrastruktur, namun pemerintah hendaknya tidak sepenuhnya menyerahkan pembangunan infrastruktur berbasis mekanisme pasar.

“Pemerintah tetap harus berperan dalam penyediaan infrastruktur terkait perannya sebagai pelayanan masyarakat,” tutur Rizal.