Tindak Lanjuti Surat Edaran Kementerian PUPR, LPJK Nasional Gelar RKU

29 Maret 2019



Jakarta, LPJK.netPengurus LPJK Nasional John Paulus Pantouw mengatakan, LPJK Nasional akan merumuskan langkah berikutnya setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meneluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 06/SE/M/2019 tentang SBU, SKA, dan SKT dalam bentuk elektronik.

John mengatakan, LPJKN akan segera menyusun juknis sebagai panduan, karena menurutnya ini sangat penting dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, pelayanan izin usaha serta penyelenggaraaan jasa konstruksi.

“Kami akan segera rumuskan terlebih dulu, karena ini penting untuk menjamin tertib administrasi penerbitan dan pemanfaatan SBU, SKA, dan SKT,” kata John saat membuka Rapat Kelompok Unsur pakar dan perguruan tinggi di Hotel Ambhara, Jum’at, (29/3/2019).

Ditambahkan oleh John, dalam surat edaran tersebut dijelaskan mengenai bagaimana proses penerbitan dan penyampaian sertifikat, proses konversi sertifikat fisik menjadi dokumen elektronik dan bentuk sertifikatnya.

“Saat ini SBU, SKA, dan SKT dalam bentuk fisik yang menggunakan QR code yang lama dapat dipergunakan sampai dengan 30 September 2019,” ujar John.

Sementara itu Direktur Teknologi dan Informasi LPJKN, Noverdian mengungkapkan bahwa untuk SBU, SKA, dan SKT yang permohonannya diajukan sejak SE berlaku maka akan diterbitkan dalam bentuk elektronik dengan QR code khusus.

“Untuk permohonan baru yang diajukan setelah SE, tidak usah khawatir. Tetap bisa diproses dan menggunakan QR code khusus,” ungkap Noverdian.


Related News: