Mitos Fakta Seputar Covid-19

26 Maret 2020



Seperti diketahui banyak sekali berita-berita yang beredar di masyarakat yang isi dan sumbernya tidak bisa dipertanggungjawabkan berikut ini Mitos dan Fakta Covid – 19 yang bersumber dari WWW.WHO.int dan dilansir oleh https://corona.jakarta.go.id/, Jkt (26/03)

Inilah yang kamu perlu tahu tentang Covid-19 :

  1. Mitos: Coronavirus tidak dapat ditransmisikan dalam cuaca panas. Fakta : Virus Covid-19 dapat menyebar dan menginfeksi dalam segala cuaca, baik di daerah dingin maupun panas.
  2. Mitos: Cuaca dingin bisa membunuh virus corona. Fakta : Cuaca dingin tidak dapat membunuh Virus Covid-19, kecuali dengan cara mencuci tangan dengan sabun atau dengan hand Sanitizer, menurut WHO, suhu tubuh manusia normal adalah sekitar 36,5 derajat celcius dan cara terbaik untuk melindungi diri Anda adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
  3. Mitos : Mandi air Hangat/panas dapat mencegah Penularan Covid-19. Fakta : Mandi dengan air Panas tidak dapat mencegah Penularan Covid-19.
  4. Mitos : Nyamuk bisa menularkan virus Covid-19. Fakta : Virus baru Covid-19 ini tidak dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk atau serangga.
  5. Mitos: Pengering tangan efektif membunuh coronavirus. Fakta : Virus Covid-19 tidak bisa dibunuh dengan alat pengering tangan maupun lampu sinar UV.
  6. Mitos : thermal gun atau thermometer inframerah tidak efektif dalam mendeteksi suspek Covid-19.   Fakta : Penggunaan thermal gun atau thermometer inframerah efektif dalam mendeteksi suspek Covid-19 dengan gejala demam.
  7. Mitos : vaksin Pneumokokus, dapat melindungi dari risiko Covid-19. Fakta : Vaksin Pencegah Pnemonia, seperti vaksin HIB atau vaksin Pneumokokus, tidak dapat melindungi dari risiko Covid-19
  8. Mitos: Anak-anak tidak dapat tertular coronavirus. Fakta : Covid-19 dapat menginfeksi siapapun disegala usia, dengan risiko penuaran lebih tinggi pada orang lansia dan orang yang memiliki riwayat Kronis (Asma, Diabetes, Gangguan Jantung).
  9. Mitos : Bawang Putih dapat mencegah Penularan bawang putih. Fakta : Mengonsumsi bawang putih (yang mengandung zat antimikroba) tidak terbukti dapat mencegah penularan Covid-19
  10. Mitos : Obat semprot hidung dapat mencegah infeksi Virus Covid-19. Fakta : Obat semprot hidung tidak dapat mencegah infeksi Virus Covid-19
  11. Mitos : obat antibiotic dapat mencegah ataupun mengobati Covid-19. Fakta : Konsumsi obat antibiotic tidak dapat mencegah ataupun mengobati Covid-19. Antibiotik hanya bekerja efektif dalam melawan bakteri, bukan virus

Related News: