Ketersediaan Tenaga Konstruksi Kompeten Sangat Penting

24 Juli 2020



Dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) konstruksi yang andal dan terampil serta menjalankan visi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas SDM, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembekalan kepada para pelaku jasa konstruksi.

Di tengah Pandemi COVID-19, Kementerian PUPR berupaya meminimalisir pelatihan tatap muka dengan menggunakan gabungan metode pembelajaran jarak jauh (distance learning) dan tatap muka.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto mengatakan, ketersediaan tenaga kerja konstruksi yang kompeten sangat penting.

“Terlebih di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, dimana sektor konstruksi menjadi salah satu sektor andalan Pemerintah untuk ketahanan ekonomi bangsa, tentunya menyediakan tenaga kerja bersertifikat adalah suatu keharusan,” ujarnya.

Bimtek dan pelatihan tersebut dilaksanakan dengan metode pelatihan jarak jauh atau distance learning dan pelatihan dengan metode hibrid (blended learning) yaitu gabungan pelatihan jarak jauh menggunakan video conference dan tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selain itu, Bimtek kali ini diikuti oleh 1.705 orang peserta yang di bagi ke dalam 5 kelas. Yakni Bimtek memahami pemilihan jasa konstruksi sebanyak 905 orang peserta yang berasal dari penyedia jasa konstruksi, berkerjasama dengan Asosiasi Gapeksindo dan Direktorat Pengembangan Jasa Konstruksi.

Bimtek sistem manajemen keselamatan konstruksi sebanyak 300 orang peserta yang terdiri dari pengguna jasa dan penyedia jasa konstruksi, bekerjasama dengan Asosiasi A2K4 dan Direktorat Keberlanjutan Konstruksi.

Sumber : https://www.liputan6.com/


Related News: