Padat Karya di Tengah Pandemi Covid-19

06 Mei 2020



Padat karya merupakan kegiatan pembangunan proyek yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin. Menggunanakan tenaga manusia dalam jumlah besar. Tujuan utama dari program padat karya adalah untuk membuka lapangan kerja bagi keluarga-keluarga miskin atau kurang mampu yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap. Proyek padat karya merupakan program pemerintah melalui bappenas untuk memberi lapangan kerja terutama yang kehilangan pekerjaan pada masa sulit.,  Sehingga dapat menggurangi angka pengangguran. Salah satu contoh bentuk dari pekerjaan padat karya adalah pekerjaan kontruksi seperti perbaikan jalan, saluran, dan sebagainya. Jkt (06/05)

Seperti telah dilansir media elektronik https://nasional.kontan.co.id/ tentang “Ada pandemi Covid-19, Kementerian PUPR percepat program padat karya di 900 kecamatan”.  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat penyaluran Program Padat Karya Tunai (PKT) atau cash for work, salah satunya adalah Pelaksanaan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) 2020 yang menjangkau 900 kecamatan.

Program padat karya tersebut misalnya peningkatan irigasi kecil, perbaikan jalan lingkungan, rumah subsidi, penanganan kawasan kumuh, peningkatan kualitas air minum dan sanitasi, dalam keterangan pers yang diterima Kontan.co.id pada Selasa (5/5), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan “Setiap tahapan pelaksanaan Program Padat Karya dilakukan sesuai dengan Protokol Covid-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan,”

Saat ini program PISEW sudah memasuki tahap sosialisasi kepada masyarakat untuk persiapan pelaksanaan fisik pembangunannya. Potensi penyerapan tenaga kerja setiap lokasi sebanyak 17 orang dengan masa pelaksanaan sekitar 75 hari, sehingga total potensi penyerapan tenaga kerja Program PISEW tahun 2020 sebanyak 15.000 tenaga kerja atau 1.125.000 hari orang kerja.

Sumber : https://nasional.kontan.co.id/news/ada-pandemi-covid-19-kementerian-pupr-percepat-program-padat-karya-di-900-kecamatan?page=1


Related News: