Profesionalisme USBU Nasional di Tengah Kecamuk Corona

08 April 2020



Corona Virus Deases – 19 atau dikenal Covid-19 adalah Virus yang mampu mengganggu kesehatan manusia juga berpengaruh negatif terhadap segala jenis sendi-sendi kehidupan baik bidang Ekonomi, pertahanan keamanan,  pendidikan, sosial dan Budaya.  Akan tetapi USBU Nasional mampu beradaptasi dan merubah bentuk proses konvensional di kantor menjadi Online dirumah masing-masing atau Work From Home (WFH). Jkt(08/04)

kemudian sesuai SE No 06/SE/LPJK-N/III/2020 tentang Petunjuk Teknis Work From Home yaitu Pelayanan Sertifiksi dari fisik menjadi dokumen soft copy dengan USBU Nasional  melakukan penyesuaian diantaranya :

  1. Penyesuaian penyampaian dokumen permohonan SBU dari fisik menjadi dokumen soft copy dan disampaikan melalui email regitrasi (registrasi_sbu@lpjk.net)
  2. Penyesuaian koordinasi internal antar pegawai dan pengurus serta pengarah dan  asesor dari dokumen fisik menjadi elektronik dan komunikasi melalui email/WA. Dan blue jeans
  3. Penyesuaian pelaksanaan asesmen permohonan SBU secara online di rumah/tempat tinggal asesor (teknis pelaksanaan diatur dalam SMM USBU)

Untuk mempermudah komunikasi dengan masyarakat jasa konstruksi berikut ini nomor layanan Unit Sertifikasi Badan Usaha (USBU) Nasional :

  • Layanan Kelengkapan Dokumen : 0878 – 8734 – 1165  
  • Layanan Asesor Badan Usaha : 0813 – 1404 – 1180  
  • Layanan Surat Penolakan dan surat Peringatan : 0821 – 1388 – 8943
  • Layanan untuk Instansi Luar : 0813 – 8520 – 8577

Ketua USBU Nasional menyampaikan capaian pelaksanaan WFH bahwa prosedur tahapan pelayanan USBU Nasional selama WFH berjalan dengan lancar dan seuai petunjuk teknis WFH SE No 6 Tahun 2020, untuk berkoordinasi dengan Tim USBU, Asesor, bagian registrasi dan bagian lainnya memaksimalkan penggunaan Email, WA, dan Aplikasi BlueJeans, sedangkan berkomunikasi dengan masyarakat jasa konstruksi lainnya bisa menggunakan Email atapun WA, disampaikan pula bahwa capaian sertifikasi, selama WFH terjadi penurunan proses sertifikasi badan usaha  khusus BUJKA karena kendala dokumen dari negara induk yang harus dilegalisir Kedutaan Besar

Menurut Ketua USBU Nasional tidak semua Asosiasi perusahaan terbiasa dengan kerja WFH yang dilakukan oleh LPJK Nasional, hampir sebagian tetap bekerja datang kekantor asosiasi secara piket bergantian, artinya pelayanan asosiasi ke anggota masih tatap muka, dan kita harus mendorong agar System sertifikasi dalam bentuk elektronik harus mulai diterapkan bukan hanya sebatas wilayah asosiasi dengan LPJK tapi harus sampai dimulai dari anggota atau badan usaha.


Related News: