Silaturahmi Keluarga Besar LPJK Nasional Secara Online Dalam Rangka Menyambut Bulan Ramadhan 1441 H

24 April 2020



Ajang silaturahmi keluarga besar LPJK Nasional secara online dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H dilaksanakan pada hari Kamis, 23 April 2020, 14.30, dihadiri oleh beberapa jajaran kementerian PUPR, Dewan Pengawas LPJK Nasional, Pengurus LPJK Nasional, Pengarah USBUN, Pengarah USTKN dan Bapel LPJK Nasional, silaturahmi ini diisi oleh siraman rohani yang dibawakan oleh Ustadz Abu Fida dengan tema “Sikap seorang Muslim Menghadapi Virus Corona” berkaitan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan, dan silaturahmi ini bertujuan untuk saling mendoakan  sesama muslim khususnya dan semua keluarga besar LPJK agar kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan Khidmat (24/04)

Pada kajian tersebut Ustadz Abu Fida menyampaikan semua cobaan termasuk mewabahnya Virus Covid-19 datangnya seijin Allah SWT, tidak hanya di Indonesia tapi seluruh belahan Dunia lain mengalaminya, hanya dengan satu mahluk kecil yang tidak tampak kasat mata bisa meluluh lantakan peradaban baik dari segi ekonomi, sosial dan bahkan korban jiwa yang sangat banyak, ada hikmah dibalik cobaan. Seperti apa yang difirmankan Allah SWT surat Albaqoroh ayat 155  yang artinya  “dan kami pasti Akan menguji kamu dengan sedikit  ketakutan, kelaparan, Kekurangan harta, Jiwa, dan buah-buahan, dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar”, dan pada saat orang- orang di timpa musibah maka orang orang yang sabar akan berkata ini adalah dari Allah dan akan kembali kepada Allah.

Dan yang membedakan antara musibah atau cobaan terletak kepada keimanan seseorang, orang yang tidak dekat dengan Allah SWT akan merasa khawatir berlebihan tapi kalau orang beriman akan berserah diri kepada Allah SWT dan berkeyakinan tidak ada ujian yg ditimpakan kepada mahluknya yang diluar batas kemampuan mahluknya.

Ada 4 hal yg sudah Allah SWT tetapkan dari lahir hingga wafat diantaranya

  • Rizki
  • Ajal / maut
  • Amal perbuatannya
  • dan Bahagia/Sengsara

Disampaikan pula kepada jamaah kajian bahwa taatlah kepada Allah SWT dan Rasulnya, kepada Ulama dan juga kepada pemimpin-pemimpin (Umaro) kalian yang telah di berikan amanah, salah satunya adalah perintah dari pemimpin dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, sejarah jaman sahabat yaitu Umar bin Khatab pernah mengalami terjadi wabah penyakit dan mengajarkan cara karantina atau isolasi dengan himbauan janganlah masuk ke daerah wabah dan keluar dari daerah wabah.

Setelah kajian ditutup dengan ramah tamah keluarga besar LPJK Nasional, Pada kesempatan itu Trisasongko Widianto selaku ketua Dewan Pengawas LPJK Nasional Menyampaikan Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ibadah kita diterima, dan yang penting mudah-mudahan kita menjadi hamba-hamba yang sangat luar biasa dapat menjalankan ujian yang kita hadapi saat ini dengan baik sehingga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Kemudian Ketua LPJK Nasional Ruslan Rivai meyampaikan  bahwa taat kepada Allah, Rasul, Ulama, dan Ulil amri, salah satunya taat kepada ulil amri dan ulama, saya mengatakan wajib taat dan itu adalah salah satu wujud ketaatan kepada Allah SWT. Dan menjelang Ibadah puasa kami mengucapkan Mohon maaf yg sebesarnya atas hilaf dan khususnya untuk Bapel bila ada hilaf, selamat berpuasa dan semoga ibadah puasa dan amalan-amalan  lainnya diterima Allah SWT.

Marilah kita sambut kedatangan bulan, suci Ramadhan ini dengan riang gembira, lalu kita ekpresikan kegembiraan itu dalam bentuk ibadah kepàda Allah swt. memperbanyak amal saleh, berzikir dan bersedekah atas dasar iman dan mengharapkan ridha Allah swt. semata-mata. Semoga dengan demikian kita benar-benar menjadi orang yang bertakwa, amin.


Related News: