Tokoh LPJK Nasional dari Masa Ke Masa (2011-2015)

07 Februari 2020



Kini ketika persiapan Pasar Tunggal Asean sedang gencar-gencarnya dikumandangkan dalam setiap forum bisnis bidang konstruksi. Maka peran LPJK Nasional tentunya akan semakin bertambah besar guna mendukung dan menyiapkan pelaku jasa konstruksi nasional agar mampu bersaing dengan pelaku jasa konstruksi di wilayah Asean.

Beruntung kita memiliki Ir.Tri Widjajanto J, MT yang dipercaya untuk mengemban tugas dan tanggungjawab LPJKN masa bakti 2011-2015. Kenapa dikatakan beruntung, karena kita tahu Tri Widjajanto adalah sosok yang memiliki integritas dan kompetensi dalam sektor konstruksi. Semua itu dapat kita lihat dari perkembangan yang terjadi pada perusahaan yang dipimpinnya sebuah perusahaan kontraktor yang saat ini masuk 10 Besar Kontraktor Besar yang ada di Indonesia.

Sosok Tri Widjajanto sepanjang karirnya konsisten berada pada jalur yang sama yaitu di bidang konstruksi. Beliau menyelesaikan studi S1 tahun 1982 dan S2 tahun dengan dua gelar yang berasal dari dua universitas yang berbeda yaitu S2 dari University of Singapore tahun 2001 dan Universitas Indonesia tahun 2005 dengan jurusan yang sama Project Management. Saat ini Tri Widjajanto menduduki posisi sebagai Direktur Utama di PT. Hutama Karya sejak tahun 2011.

Pada era Kepemimpinannya LPJK membuat Sistem Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI) pengganti Sistem Manajemen Jasa Konstruksi (SIMJAKON) berfungsi sebagai aplikasi memproses Sertifikasi dan Registrasi baik SBU/SKA/SKTK, yaitu untuk memproses permohonan SBU/SKA/SKTK diantaranya memproses penilaian, memproses pencatatan atau register, dan melakukan pencetakan.

kepemimpinannya yang didukung oleh jajaran pengurus inti yang juga profesionalisme dalam sektor kontruksi yang cukup berpengalaman seperti :

Wakil Ketua I. Bidang Regulasi, Lisensi, Sertifikasi, Registrasi dan Kelembagaan : DR.Ir. Putut Marhayudi. Selain menjabat Wakil Ketua.I beliau juga duduk dalam institusi BP Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum sebagai Deputy Director of Regulation and Permit. Wakil Ketua II. Bidang Litbang, Diklat, Daya Saing dan Dukungan Sumber Daya : Prof. DR.Ir. Wiratman Wangsadinata, Sementara Wakil Ketua III. Bidang Hukum, Penyelesaian Sengketa Konstruksi dan Standarisasi dipercayakan kepada DR.Ir.Sarwono Hardjomuljadi. Disamping posisinya sebagai Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum sejak 2009, beliau juga aktif di beberapa forum internasional : Country Representatif of Dispute Resolution Board Foundation (DRBF), FIDIC Internasional Accredited Trainer ( IAT), Corporate Panel Member Board Federation ( MDBF), Member of Dispute Resolution Board Foundation (MDRBF), ASEAN Chartered Profesional Engineer (ACPE). Sedang untuk organisasi dalam negeri dimana Sarwono pernah ada didalamnya yaitu : Profesional Utama Bidang Sumber Daya Air, Himpunan Ahli Teknik Hidraulik.(as).

Sumber : Bulletin LPJK Nasional, 08/2014


Related News: