Perundingan IKCEPA di Jeju-Korea Selatan

30 Agustus 2019



LPJK atau dikenal di dunia internasional sebagai CSDB (Construction Services Development Board of Indonesia) yang diwakili oleh pengurus LPJK menghadiri Perundingan Indonesia Korea Comprehensive Partnership Agreement (IK-CEPA) putaran ke 9 digelar pada tanggal 28-30 Agustus 2019 di Shilla Hotel Jeju, Korea Selatan.

Pertemuan ini dihadiri oleh kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kesehatan, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Kelautan dan perikanan, Badan Ekonomi Kreatif, serta Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional.

Indonesia mendesak percepatan finaslisasi Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) pada Oktober 2019. 

Untuk itu, delegasi kedua negara melakukan pertemuan putaran ke-9 di Jeju, Korea Selatan pada 27—30 Agustus 2019.

Perundingan IK-CEPA dimulai dengan dibentuknya kelompok studi gabungan (JSG/joint study group) yang menghasilkan laporan JSG pada Oktober 2011. Pada periode 2012—2014, perundingan berlangsung hingga putaran ke-7 kemudian terhenti selama 5 tahun.

Pada 19 Februari 2019, kedua negara sepakat untuk mengaktivasi kembali perundingan IK-CEPA melalui penandatanganan pernyataan bersama Menteri Perdagangan kedua negara.

Selanjutnya, penandatanganan IK-CEPA ditargetkan dilakukan pada November 2019 di sela ASEAN-Korea Commemorative Summit di Busan, Korea Selatan. Pada 2018, Korea Selatan merupakan negara tujuan ekspor dan asal impor ke-7 bagi Indonesia.

 


Related News: