LPJK Provinsi Sulsel Mudahkan Layanan Sertifikasi melalui Inovasi Aplikasi PPKB Online

17 Mei 2019


lpjk-lpjkp-lpjkn-sulsel-gelar-sosialisasi-ppkb-buka-puasa

Jakarta, LPJK.net – Selama bulan ramadan 1440 H, LPJK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus aktif memberikan pelayanan dan sosialisasi untuk masyarakat jasa konstruksi pasca diterbitkannya SE Nomor 06/SE/M/2019 tentang sertifikat digital. Salah satunya adalah sosialisasi penggunaan aplikasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) yang digelar di Hotel Claro, Makassar, Kamis, (16/5/2019).

Pengurus LPJK Nasional, Husni Ingratubun yang hadir dalam kesempatan ini mengungkapkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menegaskan LPJK Provinsi akan tetap menjadi kekuatan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di jasa konstruksi melalui sertifikasi.

LPJK provinsi adalah ujung tombak sertifikasi di daerah. Saya yakin LPJKP Sulsel mampu mewujudkan pelayanan yang baik bagi masyarakat jasa konstruksi di Sulsel ini,” ungkap Husni

Sementara itu Ketua LPJK Provinsi Sulsel, Hasbi Syamsul Ali mengungkapkan bahwa aplikasi PPKB yang saat ini bisa diakses secara online merupakan inovasi dalam memberikan layanan bagi masyarakat jasa konstruksi.

“Kehadiran aplikasi PPKB ini seiring dengan tuntutan pelayanan di era serba digital. Karena sifatnya online, aplikasi ini bisa diakses dari mana saja dan tidak mengenal waktu,” papar Hasbi.

PPKB, menurut Hasbi adalah sebuah alat untuk memantau rekam jejak pelaku konstruksi. Rekam jejak ini kemudian menjadi big data yang nantinya memudahkan dalam proses sertifikasi.

Aplikasi ini, menurut Hasbi, semakin memantapkan realisasi amanah Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017 bahwa semua usaha konstruksi wajib bersertifikat.

Sementara itu Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Provinsi Sulsel, Muhammad Firda yang hadir membuka sosialisasi menuturkan bahwa LPJK Provinsi Sulsel adalah mitra kerja strategis pemerintah di sektor jasa konstruksi.

“Saat ini pemerintah sedang fokus pada pembangunan infrastruktur, jadi komunikasi dan koordinasi antara LPJKP Sulsel dengan pemerintah daerah jelas mutlak dibutuhkan,” papar Firda.

Dalam kegiatan sosialisasi yang dirangkai dengan buka puasa bersama ini LPJKP Sulsel juga memberikan santunan untuk anak-anak dari Panti Asuhan Rahmatullah, Panti Asuhan Al Kabiiru, dan Panti Asuhan Miftahul Khair. (dari berbagai sumber)


Related News: